Sunday, November 10, 2013

Serabi Oncom


Sejak bergabung dengan teman-teman kuliah di grup WA, terpaksa saya harus sering-sering menelan ludah karena membayangkan cemilan-cemilan enak yang sering dibahas oleh mereka. Dari mulai martabak manis, serabi, restoran-restoran enak di Jakarta, dll-nya.

Pernah satu kali teman saya menceritakan tentang serabi favoritnya di Bandung. Hadeuh.. kok saya jadi ngiler. Serabi paling favorit untuk saya adalah serabi kuah kinca. Serabi warna hijau dan putih yang biasa dimakan dengan kuah santan manis. Saya inget saat jaman kuliah dulu, sering beli serabi ini di pelataran parkir masjid Sunda Kelapa (Menteng). Penjual serabinya menggunakan mobil box yang diparkir tepat di tikungan, berdekatan dengan penjual makanan lain seperti tongseng, sate kambing, dll.

Berhubung sudah kesekian kalinya usaha saya membuat serabi saus kinca gagal alias rasanya tetap belum mirip seperti yang biasa saya beli, maka kali ini saya beralih ingin membuat serabi varian lain, yaitu serabi oncom. Cetakan yang saya gunakan bukan yang tanah liat, melainkan cetakan yang berbentuk wok kecil. 
Resepnya bersumber dari website sajian sedap.

Bahan:

Bahan:
200 gram tepung terigu protein sedang --> 150g tepung beras + 50 g tepung protein rendah (405)
1/2 sendok teh garam
1 butir telur, kocok lepas
600 ml santan, dari 1/2 butir kelapa
1 1/4 sendok teh baking powder

Bahan Isi:
150 gram oncom, bakar, cincang kasar
2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
1 lembar daun salam
1 1/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir
150 ml air
4 tangkai kemangi, petiki
2 sendok makan minyak, untuk menumis

Bumbu Halus:
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 buah cabai merah besar
3 buah cabai merah keriting




Cara membuat:  
1. Isi: panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun jeruk, dan daun salam sampai harum. Masukkan oncom. Aduk rata.  
2. Tambahkan garam, gula pasir, dan air. Aduk rata. Masukkan daun kemangi. Masak sampai matang dan meresap. Sisihkan.  
3. Panaskan cetakan serabi dari tanah liat yang diberi parutan kelapa. Aduk-aduk kelapa sampai berminyak. Buang kelapanya dan panaskan 5 menit lagi dengan api sedang.  
4. Rebus santan sambil diaduk sampai mendidih. Ukur 500 ml santan. Biarkan hangat.  
Aduk rata tepung terigu, garam, dan telur. Masukkan santan sedikit-sedikit sambil dikocok dengan kecepatan rendah 20 menit. Diamkan 30 menit. Tambahkan baking powder. Aduk rata.  
5. Tuang satu sendok sayur adonan di cetakan serabi yang sudah dipanaskan dengan api besar. Biarkan sampai berlubang. Kecilkan api. Sendokkan tumisan oncom. Tutup dan biarkan sampai matang.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...