Sunday, October 28, 2012

Crepes (dasar)



Sewaktu masih tinggal di Jakarta, Crepes yang dijual di D'Crepes termasuk jajan favorit saya, terutama menu Smoked Beef & Chees-nya. Gerainya di Pasaraya Manggarai dan Carrefour Lebak Bulus paling sering saya kunjungi. Sambil menunggu pesanan, biasanya saya terkagum-kagum memandang keahlian tangan penjualnya yang sedang meratakan adonan di alat pembuat crepes. Pesanan saya biasanya diiring permintaan ekstra 'yang kering, ya'. Kriuk-kriuk kulit crepes saat dimakan, membuat saya tak segan untuk menambah pesanan. 

Sejak tinggal di sini, belum pernah saya temui crepes versi garing seperti yang biasa saya makan sebelumnya. Crepes yang dijual di gerobak-gerobak di Zentrum, maupun saat Weihnachtmarkt, biasanya selalu basah. 
Karena penasaran, seperti biasa saya browsing sana-sini. Memang akhirnya resep crepes kriuk itu saya peroleh. Hanya saja bahannya macam2. Ternyata lagi, berdasarkan penelurusan saya tersebut, kunci kegaringan crepes terletak pada alat yang dipakai. Kalau kita menggunakan wajan crepes biasa, katanya sih sulit untuk mendapatkan crepes yang garing. Wah..ini berarti perlu berburu alat pembuat crepes listrik, dong.
Berhubung crepes ini terkenal dari Prancis, akhirnya saya cari alat yang buatan Prancis. Pilihan saya jatuh jatuh pada merk Krampouz. Pada tahun 2010, kebetulan orang tua saya berkunjung dan mereka berencana jalan-jalan ke Paris. Langsung terpikir untuk beli alat itu di sana. Sesampai di sana, ternyata saya harus kecewa karena alamat toko yang menjualnya, berlawanan arah dengan hotel dan tujuan jalan-jalan kami. suami saya pun tak mau mengantar ke sana. Namun, singkat cerita, akhirnya saya berhasil juga membeli alat tersebut di toko elektronik Darty yang berlokasi tepat di samping hotel tempat kami menginap. 


Menggunakan alat ini ternyata memerlukan jam terbang yang cukup. Meskipun alat ini memiliki segitiga yang bisa diputar untuk membagi adonan secara rata, tetap saja tak mudah. Alat ini memberi gratis buku resep berbagai macam crepes dari berbagai negara. Sayangnya, buku tersebut menggunakan bahasa Prancis. 
Crepes yang dihasilkan dengan alat ini memang garing. Baik menggunakan resep crepes garing ataupun yang biasa seperti di bawah ini, tetap saja hasilnya garing. 
Berikut ini resep crepes dasar yang saya pakai dari Website essen & trinken:

Bahan:
100g terigu 
200 ml susu (low fat)
1 butir telur (ukuran M)
1 sdm minyak
garam sejumput
gula (bila perlu)
pala bubuk 

Cara:
1. Campur semua bahan ( bahan kering dan kering). 
2. Masukkan telur, aduk rata. Beri susu, ratakan. 
3. saring bahan tersebut. Masukkan minyak di adonan hasil saringan. Aduk rata.
4. diamkan adonan 15-30 menit.
5. crepes siap dimasak.
6. Hidangkan crepes dengan gula bubuk, Nutella, atau bahan lainnya.

1 comment:

  1. halo mbak, maaf mau nanya. apakah semua grill vrepes merk krampouz bisa garing hasilnya, atau cuma beberapa seri saja yang jhusus untuk garing. terima kasih

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...