Monday, August 6, 2012

Toko Peralatan Baking

Mencari peralatan baking di Jerman sebenarnya tidak sulit, meski dikatakan mudah juga tidak. Mudah bila yang dicari adalah bahan dan peralatan standar seperti tepung terigu, gula, timbangan, loyang, cookie cutter standar, dll. Ini bisa didapat di supermaket umum dan di Deptstore seperti Galeria Kaufhof dan Karstadt.Tapi kalau kemudian ingin membeli barang-barang yang lebih spesifik, terutama untuk dekorasi kue, ditambah lagi tidak tahu bahasa Jermannya, waduh..repot ya.
Alternatifnya ya harus membeli secara online. Tapi ya itu, kalau tidak tahu bahasa Jermannya, solusinya ya terus mencari tahu sampai ketemu bahasa Jermannya :). Pengalaman saya, sepertinya memang harus agak getol + rajin browsing. Begitu ketemu 1 toko online, mulailah baca satu persatu. Atau bisa juga memesan katalog gratis, lalu dibaca satu persatu lagi. Jadi nambah deh, kosa kata bahasa Jerman. 

1. Tortisimmo --> online & offline
2. Tolletorten --> online & offline
9. alleszumbacken: lengkap, tapi mahal

Untuk loyang, ada juga beberapa toko yang menyewakan loyang. Ini akan lebih hemat terutama bila kita mau membuat kue dengan bentuk tertentu, tapi tidak bisa meng-carving kue dan kalau membeli loyangnya pun terlalu mahal bila hanya untuk dipakai 1-2 kali. Toko tersebut misalnya:
1. Emi's Backformenverleih 
2. Homat Backwelten  
3. ALB torten

Catatan khusus bila akan membeli spuit dekorasi di Jerman. 
Bila akan membeli spuit dekorasi dengan standar nomer international seperti yang dimiliki WIlton, sebaiknya harus lebih teliti lagi. Merk terkenal Jerman, yaitu Städter hanya memiliki beberapa jenis spuit yang memang sama dengan standar international. Hanya membaca nomernya agak ribet karena nomor spuit terdiri dari 6 digit. contoh: no. 230125 sama dengan spuit Wilton no.12. No. 233522 = no. 352. Untuk mengetahui tentang ini lebih jelas, bisa dilihat di katalog Städter di bagian Spritztüllen.
Daripada pusing2, memang sebaiknya beli saja langsung merk Wilton. Terutama dari toko baking di Belanda (misalnya deleukstetaarten), secara online (ongkir ke Jerman mulai 10€) maupun offline. Harganya jauh lebih murah daripada di Jerman.


Untuk merk Städter, bisa dicari di agennya. Misalnya di Bonn di van Dorp atau bila di Siegburg di Kochshop.





No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...