Tuesday, December 13, 2011

Singkong Thailand



 Singkong thailand ini sebenarnya sudah lama sekali ingin saya buat. Hanya saja selalu dikalahkan dengan keinginan membuat getuk lindri. Tetep keukeuh berkali-kali beli singkong untuk dibuat getuk lindri, meski hasil akhirnya selalu gagal.
Masalahnya ya di singkongnya itu. Emang dasar bukan singkong Indonesia barangkali. Susah banget dibuat getuk lindri. 
Nah, karena kebetulan ketemu singkong frozen di kulkas sendiri (bukan saya yang beli :)), setelah berubah bentuk menjadi singkong thailand, barulah minta ijin pada yang beli. Heheh..
Resepnya saya ambil dari martri'site (versi yang ke 2).

Bahan:
500g singkong
Air secukupnya utk merebus singkong
gula pasir sesuai selera
1 sdt garam

Vla Santan:
200ml santan
75gr gula pasir
1/2 sdt garam
1 sdm tepung maizena, encerkan dengan sedikit air

1/4 sdt vanila pasta 

Cara:
1. Rebus singkong sampai empuk. 
2. Masukkan gula & garam. Lanjutkan merebus sampai singkong merekah. (karena saya merebus dengan presto, maka air rebusan singkong sudah saya beri garam dan gula).
3. Vla santan: 

- Campur santan dengan gula & garam. 
- Masak diatas api kecil sambil terus diaduk agar tidak pecah. 
- Kentalkan dengan larutan maizena. 
- Angkat. Siram ke atas singkong. Hidangkan hangat-hangat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...