Tuesday, December 13, 2011

Ke Dapur, Yuk..

Yuhuu... Ich komme wieder.. xoxo 
Akhirnya, setelah Dapur Jujun sempat rehat beberapa waktu, aktivitas di dalamnya perlahan-lahan mulai berjalan seperti biasa. Rehatnya dapur saya untuk beberapa saat terkait dengan keberangkatan saya untuk menunaikan ibadah haji. Nah, selama perjalanan 2 minggu tersebut, saya dan suami mengalami batuk yang cukup heboh dan masih pula terbawa sampai kembali ke Jerman. Alhasil kondisi kami berdua tidak fit sampai 2 minggu setelahnya. Kondisi itu tentu saja menjadi alasan yang kuat bagi saya untuk malas-malasan.
DItambah lagi pengalaman mengkonsumsi makanan katering Turki yang menunya tidak variatif (dan tanpa nasi putih, hiks..hiks) selama 2 minggu berturut-turut (meski hanya pagi dan malam, sedangkan siang hari bebas membeli di luar), membuat kapasitas perut dan nafsu makan saya dan suami menurun drastis. Foto di bawah ini adalah menu sarapan kami selama 2 minggu :)






Untuk makan siang, pilihan kami jatuh ke KFC, Pizza Hut, roti isi (penjualnya orang Indonesia, lho), maupun Shawarma. Nah, Shawarma ini yang menjadi perhatian khusus saya (sayangnya saya lupa memotretnya). Prinsip Shawarma adalah sandwich, menggunakan roti pita dengan pilihan isian dagingnya bermacam-macam (tuna, ayam, sapi). DImakan dengan digulung. Mirip-mirip kebab, lah. Ada juga Shawarma yang dimakan dengan nasi (rice pilaf) Misalnya ayam shawarma. Bentuknya seperti ayam bakar. 
Saking kepincut oleh rasa bumbu Shawarma, saya sempat keluar masuk supermaket di Makkah dan Madinah untuk mendapatkan bumbunya. Sayangnya, yang saya temukan bumbu2 instan yang sudah bercampur dengan MSG. Akhirnya batal beli, deh. Sesampai di Jerman lagi, mulailah saya browsing sana-sini untuk mencari toko yang menjual bumbu tersebut secara online. Akhirnya saya dapatkan bumbu tersebut di sini dan foto di bawah inilah hasilnya.




Menurut forum hammady,  bumbu Shawarma sebenarnya bisa diracik sendiri. Bahannya adalah:
1/4 sdt kayu manis bubuk
1/2 sdr pala bubuk
1/2 sdt kapulaga hijau, bubuk
3/4 sdt Nelkenpfeffer (Piment); gemahlen
1/4 sdt merica hitam bubuk gemahlen
1/4sdt cengkeh bubuk 
1/2 sdt cabe kering 
Garam
3 sdm perasan lemon (kuning)

Setelah bumbu pesanan saya datang, mulailah saya bereksperimen membuat Shawarma Tuna.  Resepnya saya ambil dari sini. Versi yang saya buat sebagai berikut:

Tuna Shawarma ala Dapur Jujun
Bahan: 
Zaziki Quark 
1/2 buah bawang bombay
Dill
Ketimun --> iris
Romana salad, iris
tomat, iris
Roti pita
1 kaleng Tuna
1 sdm bumbu shawarma

Cara:
1. tumis tuna dengan bawang bombay, lalu masukkan dill
2. beri bumbu shawarma, aduk rata, dinginkan
3. campur tuna dan Zaziki QUark
4. siapkan selembar roti pita, beri campuran tuna & quark, ketimun, salad, tomat. Gulung roti.


Untuk Shawarma ayam, resepnya saya ambil dari forum Hammady di atas.

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...