Monday, September 30, 2013

Talam Labu Kuning


Menjelang bulan Oktober memang sedang musimnya labu kuning (Kürbis). Berbagai jenisnya dapat ditemui dengan mudah di swalayan maupun penjual sayur di Jerman. Meski sudah beberapa kali melalui musim ini, namun saya tidak tertarik untuk membelinya. Terus terang saya tidak punya ide untuk dimasak apa labu tersebut. 
Saat haji dulu, teman sekamar saya yang kebetulan orang Jerman, memberi saya resep sup krim labu. Tetap saja saya malas membuatnya.
Beberapa hari lalu saat browsing, sampailah saya pada resep talam labu kuning di blog milik Ricke Indriani. Setelah dibaca-baca, eh ternyata gampang ya cara membuatnya. Langsung deh beli labunya. Labu yang saya beli adalah jenis Hokkaido kürbis. Menurut informasi yang saya baca, labu jenis ini tidak perlu dikupas karena kulitnya akan ikut melunak saat dimasak. 
Labu kuning yang saya beli sebanyak 2 buah berukuran kecil, yang setelah dikukus dan dihaluskan beratnya 500g. Berhubung ini kali pertama saya membuat kue talam, tadinya saya sempat berpikir untuk menggunakan 1 labu saja untuk meminimalisir kegagalan. Namun karena teringat di akhir pekannya ada acara pengajian, jadi saya pikir sekalian saja saya buat untuk konsumsi di sana. 
Alhamdulillah, ternyata kekhawatiran saya tidak terbukti. Kue talamnya sukses, rasanya enak dan konsistensinya pas.

Bahan (Hasil jadi: kurang lebih 35 buah)
Lapisan bawah (kuning):
500g labu kuning, dikukus
300 ml santan sedang matang --> sy pakai 250 santan kemasan + 50 ml air hangat
1/2 sdt garam
150 g tepung sagu  tapioka
175 g gula pasir --> sy pakai 170g
1/2 sdt vanila bubuk

Lapisan atas (putih)
400 ml santan kental matang --> sy pakai 250 ml santan kemasan + 150 ml air hangat.
1/2 sdt garam
60g tepung beras
40g tepung sagu/ tapioka --> berhubung saat itu sy hanya punya 20g tapioka, maka saya ganti selebihnya dengan tepung beras.
2 sdm gula pasir
1/4 sdt vanila bubuk

Cara:
Lapisan bawah:
1. Blender labu kuning dan separuh bagian santan hingga halus. ini saya lakukan dengan stabmixer.  
2. Masukan bahan kering (garam, tepung tapioka, gula pasir dan vanila) dan aduk rata. 
3. Terakhir, masukkan sisa santan, aduk sampai rata. Adonan yang dihasilkan akan berkonsistensi sedang (tidak terlalu encer, maupun terlalu kental).

Lapisan atas
1. Masukkan bahan kering dalam 1 wadah. 
2. Beri santan sedikit-sedikit sambil diaduk rata dengan whisk.  

panaskan kukusan.
Siapkan cetakan kue talam dan olesi dengan minyak goreng.
Masukkan adonan lapisan bawah sampai 2/3 cetakan. Kukus selama 10 menit.

Catatan: saat mengukus, alasi tutup kukusan dengan serbet agar air tidak menetes di kue. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...