Wednesday, July 11, 2012

Bratkartoffeln



Bratkartoffeln merupakan makanan yang umum ditemukan di Jerman. Dari asal katanya kita bisa mengetahui bahwa Bratkartoffeln adalah kentang (kartoffeln) yang dimasak diatas wajan (secara braten). Biasanya dijadikan pendamping Wiener Schnitzel, telur mata sapi (Spiegelei), telur orak-arik (Rürhei), sosis, dan sebagainya. 


Resep Bratkartoffeln ini saya ambil dari website Tim Mälzer.  Beberapa tips yang diberikan oleh Tim Mälzer untuk pembuatannya adalah:
1. gunakan kentang yang telah direbus sehari sebelumnya. ini untuk menghindari kentang yang masih lembek pada saat dipotong dan dimasak. kentang yang lembek dapat menjadi hancur pada saat dimasak di wajan
2. gunakan Butterschmalz atau Pflanzenöl (bukan butter). Butterschmalz memiliki aroma seperti butter, tetapi titik didih yang lebih tinggi. Butter hanya memiliki titik didih 120 derajat C, sehingga bila melebihi titik tersebut, akan terbakar dan menghasilkan titik2 kehitaman
3. bawang bombay dan Speck dimasak terpisah dan lebih dulu karena bila dimasak bersamaan dengan kentang, ukuran bawang bombay yang lebih kecil akan lebih cepat menjadi gosong. 

Bahan:
1 bawang bombay, iris kotak
2 sdm Butterschmalz atau minyak sayur
80 g Speckwürfel --> sy ganti irisan sosis
400 g kentang yang sudah direbus 1 hari sebelumnya
Garam
Merica
2 sdm peterseli cincang

Cara:
1. panaskan minyak dan wajan, tumis bawang bombay, lalu masukkan irisan sosis. masak sampai  berwarna kecoklatan. Angkat, sisihkan. 
2. kupas kentang, lalu iris setebal 5 mm. panaskan minyak dan wajan dengan api sedang, lalu masukkan kentang iris. masak sampai kecoklatan dan garing, lalu kentang dibalik, masak sisi berikutnya sampai kecoklatan. jangan aduk2 kentang supaya tidak hancur.
3. setelah kedua sisi garing, masukkan irisan sosis dan bawang bombay yang sudah disisihkan tadi ke dalam wajan, beri garam dan merica. aduk rata. sebelum disajikan, taburi peterseli.

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...